√ Costum Channel Adsense

Di Tutorial Bisnis Online 110 views

Rekan bisnis, begitulah ungkapan yang tepat bagi blogger atau publisher dengan Google sebagai penyedia layanan bernama Adsense. Google tidak menyediakan iklan, tapi hanya bertindak sebagai perantara. Pengiklan hanya menggunakan Google untuk promosi dan blogger bertindah menyiarkan iklan tersebut. Bagi hasil pun terjadi dari proses ini.

Channel adsense

Meski terlihat publisher tidak mampu berbuat apa-apa untuk meningkatkan penghasilan, namun Google sebenarnya telah menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan. Salah satunya adalah custom channel atau saluran khusus.

Custom channel punya peran besar dalam meningkatkan penghasilan seorang blogger, apalagi yang mengusung tema spesifik. Dengan menggunakan layanan ini, iklan yang muncul di blog akan lebih tertarget, karena dalam saluran itu akan terisi iklan yang dikehendaki, tentu saja harga iklannya akan tinggi.

Misalnya blog kita berisi informasi seputar traveling, maka kita bisa membuat saluran khusus iklan yang isinya seputar travel. Bagi pengiklan yang ingin mempromosikan produk travelnya akan memasang iklan di blog atau website yang kita kelola.

Harganya juga akan tinggi karena sistemnya melalui lelang. Semakin besar trafik yang dibuat, maka semakin mahal harga iklannya. Tentu saja, penghasilan akan lebih besar dari biasanya.

Custom channel juga memiliki pelaporan pendapatan khusus, sehingga kita bisa memantau perkembangan dari channel yang kita buat. Meski unit iklan lain tetap bisa dipantau, namun laporan dari custom channel dapat dianalisa kinerjanya dengan spesifik, sehingga kita diberi pilihan untuk meningkatkan atau menghilangkannya.

Custom channel atau sering disebut saluran khusus adsense. Fungsi dari saluran khusus ini adalah untuk lebih memaksimalkan pendapatan adsense. Kenapa demikian? Dengan membuat custom channel (saluran khusus), iklan yang kita pasang akan lebih tertarget, karena dalam saluran khusus tersebut kita hanya mengisi kategori iklan yang sesuai dengan kehendak kita, biasanya di sesuaikan dengan niche blog kita masing masing. Misalnya kategori kesehatan, bisnis online, wisata, hiburan dan sebagainya.

Saluran khusus ini nantinya akan di lihat oleh pihak pengiklan (advertiser) untuk lebih fokus dengan jenis iklan yang dia iklankan, sehingga akan terjadi penawaran. Jika pihak pengiklan merasa cocok dengan saluran khusus yang kita buat, dia akan berani membayar lebih tinggi untuk CPC nya.

Nah ini adalah keuntungan bagi kita sebagai penayang iklan, karena otomatis nilai iklan kita akan menjadi lebih tinggi. Itulah fungsi sebenarnya membuat saluran khusus adsense, nilai CPC iklan akan lebih optimal. Dengan begitu pendapatan adsense kita akan lebih meningkat.

Fungsi lain dari saluran khusus adalah kita bisa memantau kinerja iklan dari masing masing saluran. Karena terdapat laporan tersendiri dari setiap saluran khusus. Dengan begitu kita akan mengetahui jenis iklan yang kinerjanya kurang memuaskan, dan kita bisa mengganti agar lebih maksimal.

Cara membuat saluran khusus

Untuk membuat saluran khusus adsense ini lebih universal, ganti dashboard adsense anda dengan menggunakan bahasa inggris.

Di halaman pertama dashboard, pilih my Ads. Pada menu disamping pilih custom channel.

Kemudian pilih New custom channel, maka akan muncul halaman baru yang berisi tab untuk mengisi kelengkapan chanel baru tersebut, bisa di tunjukkan melalui gambar di bawah ini.

  1. Pada bagian ini isilah dengan kategori yang akan di buat, pada bagian ini akan dilihat oleh pihak pengiklan (Advertiser) Jadi buatlah nama yang singkat dan padat, sesuai dengan kategori yang di ajukan. Contoh punya saya adalah Blog And Adsense.
  2. Pada kolom ini adalah daftar iklan yang kita buat di dashboard unit iklan. Pilih add untuk memasukkan kedalam daftar.
  3. Daftar unit iklan yang kita tawarkan ke pihak pengiklan.
  4. Beri tanda centang pada bagian ini.
  5. Ini adalah Iklan yang akan di munculkan berdasarkan kategori yang kita pilih, contoh dalam blog saya adalah iklan di artikel blog dan artikel adsense. (gunakan bahasa inggris)
  6. Pilih Multiple locations jika space iklan yang diberikan lebih dari satu.
  7. Kolom deskripsi untuk menambahkan secara spesifik tentang blog yang anda tulis.
  8. Pada site language, pilih indonesia. Jika blog anda berbahasa indonesia.
  9. Setelah selesai, simpan untuk mengubah pengaturan.

Pada tahap ini anda sudah selesai membuat saluran khusus iklan adsense, kita bisa lihat beberapa saat untuk mengetahui status dari saluran khusus tersebut. Jika terlihat tulisan aktif (pada gambar pertama) maka anda sudah berhasil.

Penutup

Pihak pengiklan atau advertiser akan memilih dan menempatkan iklan yang sudah dia bayar untuk di tayangkan kepada blog yang benar benar sesuai dengan kategori iklannya. Dengan kata lain, pihak pengiklan ingin iklannya benar benar tertarget, dan di lihat oleh pengunjung sesuai dengan kategori blog yang sedang di baca.

Tags: #adsense #channel adsense

author
Penulis: 
    √ Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dan Manfaatnya
    √ Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dan Manfaatnya
    Tutorialbisnisonline.info – Di era digital seperti saat
    √ Kenali Bisnis Online Terpercaya dengan Cermat
    √ Kenali Bisnis Online Terpercaya dengan Cermat
    Tutorialbisnisonline.info – Dunia Online memang tidak ada
    √ 7 Cara Membangun Bisnis Online yang Sukses untuk Pemula
    √ 7 Cara Membangun Bisnis Online yang Sukses untuk Pemula
    Tutorialbisnisonline.info – Perkembangan teknologi kian hari semakin
    √ Cara Terbaru Membuat Akun Bisnis di Instagram
    √ Cara Terbaru Membuat Akun Bisnis di Instagram
    Tutorialbisnisonline.info – Saat ini penggunaan media sosial

    Tinggalkan pesan "√ Costum Channel Adsense"

    Baca Juga×

    Top