Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol yang Menguntungkan

  • Whatsapp
Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Tutorial Bisnis Online, Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol yang Menguntungkan – Apakah Anda ingin memulai bisnis online dari nol dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama, atau Anda sedang mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?, Karena jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, maka sudah tepat jika berkunjung di blog ini. Nah, artikel kali ini akan mengulas tuntas tentang cara memulai bisnis online dari nol yang menguntungkan yang bisa dihasilkan dari internet. Simak yuk artikel tentang cara memulai bisnis online dari nol dibawah ini.

Tahapan Memulai Bisnis Online Dari Nol

 

Bacaan Lainnya

Saat ini bisnis online sudah menjamur dimana-mana, mulai dari urusan jual beli berupa barang hingga transakasi berupa makanan. Sehingga banyak pedagang yang mengalihkan aktivitasnya ke dunia online tanpa harus membuka lapak.

Memulai bisnis online memang tidak mudah yang dibayangkan, namun setidaknya semua itu dapat dipelajari selama kita mempunyai niat dan sungguh-sungguh. Pasalnya, ada beberapa tahapan yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis online dari nol.

Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk memulai bisnis online dari nol yang harus Anda ketahui:

 

1. Dapatkan inspirasi dari teman atau keluarga

 

Sebelum terjun ke dunia bisnis online, sebaiknya Anda melakukan riset produk apa saja yang banyak dicari masyarakat saat ini. Jangan tergesa-gesa untuk memulai suatu usaha, tanpa ada gambaran sebelumnya. Anda bisa memulai membuka usaha dari yang memang sedang ngetren atau memang produk yang selalu dibutuhkan banyak orang.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan berkumpul bersama teman dengan teman atau keluarga yang sudah berpengalaman tentang dunia bisnis online. Kemudian cari tahu di mana Anda bisa mendapatkan produk yang banyak dicari tersebut. Termasuk untuk mendapatkan suplier yang bisa memberi harga termurah dengan kualitas barang yang terjamin.

 

2. Tetapkan produk yang akan dijual

 

Hal penting lainnya adalah Anda harus melakukan riset secara online dengan mencari kata kunci atau keyword yang banyak dicari mengenai satu produk (riset keyword). Dengan semakin banyak dicari orang, menandakan produk tersebut memang tengah dibutuhkan.

Karena banyaknya penjual produk yang diminati semua orang saat ini, tentunya persaingan menjualnya pun pasti tidak akan mudah. Untuk itu sebaiknya pikirkan dengan matang produk yang akan Anda jual sebagai penambah penghasilan. Anda bisa memilih dua jenis produk yang akan dijual:

  • Produk yang lagi ngetren: Produk ini biasanya hanya bertahan sebentar saja, jadi sebaiknya Anda harus benar-benar memanfaatkan momentum selama produk ini masih menjadi tren.
  • Produk yang bersifat long time: Produk ini tidak pernah basi dan selalu dibutuhkan masyarakat, jadi selama harga yang ditawarkan cukup bersaing, maka jualan Anda pasti akan punya pembeli.

 

3. Temukan masalah yang dihadapi pasar

 

Dengan menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, Anda masih punya peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Namun sebaliknya, jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar, kemungkinan besar produk yang Anda jual tidak akan laku dipasaran. Jadi ketika Anda ingin memulai bisnis online, yang pertama kali harus Anda pikirkan adalah apakah produk Anda dibutuhkan pasar?

 

4. Riset pasar

 

Setelah menentukan suatu produk yang akan dijual, kini saatnya Anda mulai fokus riset di bidang tersebut. Karena Anda tidak bisa memulai bisnis online hanya berdasarkan asumsi pribadi Anda maupun dari teman saja.

Anda harus mempunyai data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat. Dengan riset pasar, Anda bisa mendapatkan data-data yang valid, sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini belaka.

 

5. Analisis kompetitor

 

Tentunya ini sangat penting agar Anda bisa bersaing dipasar. Agar bisa bersaing maupun mengalahkan kompetitor, Anda harus mempelajari mereka terlebih dahulu. Apa kelebihan dari produk mereka, bagaimana cara mereka mendekati konsumen, hingga apa kekurangan produk mereka. Setelah semua informasi itu terkumpul, Anda bisa membuat produk yang bisa bersaing dengan para kompetitor.

 

6. Pilih sistem penjualan

 

Di era digital saat ini kita dimudahkan dalam berbisnis online. Dengan dunia digital Anda bisa mendapatkan produk untuk kemudian menjualnya kembali dengan tambahan keuntungan tanpa dengan modal yang banyak.

Dan salah satu sistem penjualan yang lagi tren digunakan para pelaku bisnis online di awal usahanya adalah menjadi dropshiper. Sistem ini membuat Anda tak harus menyimpan stok barang yang dijual. Biarkan suplier atau penjual utama yang melakukannya. Bahkan urusan pengiriman barang menjadi urusan distributor, Anda cukup mencari pembeli sebanyak-banyaknya. Tapi ingat, Anda tetap harus cermat memilih distributor yang menjamin suatu produk dengan kualitas yang baik.

 

7. Buka jaringan media sosial

 

Langkah penting lainnya dalam memulai bisnis online adalah mempromosikannya di media sosial. Anda bisa melakukan promosi melalui media sosial secara gratis maupun berbayar. Media sosial adalah pilihan utama sebagai sarana promosi produk yang Anda jual.

Anda bisa membuat akun dengan nama toko online Anda, lebih baik jika jangan hanya di satu media sosial, tapi juga di banyak medsos. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube dan masih banyak lainnya.

 

8. Sebar di marketplace

 

Setelah promosi melalui media sosial, saatnya Anda memperluas area pemasaran produk melalui marketplace. Keberadaan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee memang sangat membantu para pelaku usaha online dalam mencari pembeli.

Marketplace menjadi alat yang pas untuk mendongkrak penjualan, Anda juga bisa memanfaatkan fitur berbayar dari marketplace agar toko online Anda gampang dicari. Jadi pastikan setiap produk yang Anda pasang di marketplace selalu membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produk Anda.

 

9. Pasarkan produk dengan tepat sasaran

 

Pemasaran bisnis online tidak boleh asal-asalan, karena Anda perlu strategi yang tepat untuk bisa memasarkan bisnis online ke target pasar yang tepat dengan pesan marketing yang sesuai.

 

10. Pertahankan pelanggan setia

 

Langkah terkahir ini yang paling susah, kebanyakan kita sibuk menjaring para pelanggan baru, namun setelah mendapatkan pembeli potensial Anda lupa untuk memberikan pelayanan ekstra terhadap pelanggan tersebut. Sehingga bisa jadi mereka yang sudah pernah membeli dan mengetahui kualitas produk yang Anda jual, ogah untuk membeli kembali, karena tidak adanya fitur layanan ekstra seperti diskon dan lain-lain.

Sejatinya membuat promosi untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mahal ongkosnya, dibandingkan dengan merawat pelanggan lama Anda. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pelanggan baru bahkan bisa mencapai 25 kali lipat dibandingkan dengan merawat hubungan dengan pelanggan setia.

Simak tutorialnya dibawah ini:

Baca juga: Situs Online Shop Indonesia Terbaik

 

Penutup

 

Demikian artikel dari Tutorial Bisnis Online yang bisa dibagikan, tentang Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol yang Menguntungkan, dimana untuk memulai bisnis online memang dibutuhkan kerja keras dan pemahaman yang tepat, selama Anda menerapkan langkah-langkah diatas kemungkinan bisnis online anda bisa bersaing di pasar dan memberikan keuntungan bagi Anda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke tutorialbisnisonline.info, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin@tutorialbisnisonline.info. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel Tutorial Bisnis Online selanjutnya.

Pos terkait