Apa Saja Pertanyaan-pertanyaan saat Interview?

  • Whatsapp
Pertanyaan-pertanyaan saat Interview
Pertanyaan-pertanyaan saat Interview?

Tutorial Bisnis Online, Tahukah Anda apa saja pertanyaan-pertanyaan saat interview? Jika Anda ingin mengetahuinya simak artikel di bawah ini yang akan mengulas tentang cara interview yang baik agar diterima kerja.

Pertanyaan-pertanyaan saat Interview

Pertanyaan-pertanyaan saat Interview
pertanyaan-pertanyaan saat Interview

Ketika baru pertama kali melamar suatu pekerjaan, tentunya hal tersebut sangatlah membuat khawatir mengenai sesuai spesifikasi perusahaan atau tidak.

Proses interview merupakan bagian yang paling mendebarkan, oleh sebab itu ada baiknya untuk memahami pertanyaan-pertanyaan saat interview terlebih dahulu.

Apa Saja Persiapan Sebelum Interview?

Wawancara kerja ataupun interview merupakan sebuah proses yang pasti dilalui oleh para calon karyawan, yaitu untuk mengetahui layak atau tidak sebagai kandidat suatu perusahaan. Proses interview sangat berpengaruh terhadap keputusan kantor dalam menerima pekerja.

Karena bersifat sangat krusial terhadap suatu keputusan, maka ada baiknya memperhatikan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan interview. Risetlah mengenai perusahaan perusahaan tujuan guna menambah informasi ketika proses wawancara.

Selain meriset perusahaannya, ada baiknya Anda memahami perihal potensi diri. Mulai dari karakter, keterampilan hingga bakat yang dimiliki. Namun jangan lupa, pastikan segala dokumen lamaran sudah disiapkan secara lengkap serta sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Jangan Lakukan Ini Saat Interview!

Saat ini, daya saing dalam mencari pekerjaan, makin hari semakin ketat. Hal tersebut membuat Anda sebagai pelamar harus bersungguh-sungguh ketika mengikuti proses seleksi. Oleh sebab itu ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan saat interview.

Hal pertama yang harus diperhatikan dan jangan sampai dilakukan saat interview adalah melupakan atau tidak melengkapi data serta berkas-berkas lamaran. Dokumen tersebut merupakan poin utama Anda sebagai pelamar, oleh sebab itu sangatlah penting.

Kemudian, jangan sampai datang tidak tepat waktu atau terlambat, karena hal tersebut akan memberikan kesan buruk terhadap diri Anda. Selain itu, hindari pula penggunaan kata-kata yang tidak sopan serta kesalahan pada bahasa tubuh.

Beberapa Pertanyaan-Pertanyaan Saat Interview

Merasa grogi ataupun gugup ketika menghadapi interview kerja adalah hal yang biasa. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan karena akan berpengaruh terhadap proses wawancara itu sendiri. Berikut tips menjawab beberapa pertanyaan-pertanyaan saat interview:

1. Gambarkan Diri Anda

Ketika HRD bertanya tentang hal ini, sebuah gambaran diri seorang pelamar dengan tujuan untuk mengetahui karakter secara mendasar. Apakah karakter Anda sesuai dengan spesifikasi dan kriteria yang dicari oleh perusahaan atau justru sebaliknya.

Apabila mendapatkan pertanyaan seperti itu, maka yang perlu dipersiapkan untuk menjawabnya adalah memilih 3 kata yang bisa mendeskripsikan tentang diri Anda. Usahakan jawaban sesuai dengan posisi pekerjaan serta berikan gambaran diri menggunakan kalimat-kalimat positif.

2. Apa yang Anda Ketahui Mengenai Perusahaan Ini?

Pertanyaan yang satu ini bisa dikatakan sangat penting dan sering dilontarkan oleh HRD kepada pelamar. Hal tersebut dikarenakan, perusahaan ingin mengetahui ataupun menggali tentang tingkat pengetahuan terhadap visi dan misi perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, usahakan Anda terfokus pada sisi positif yang ada pada perusahaan. Sangat disarankan untuk tidak membanding-bandingkan pihak manapun ketika menjawab. Ada baiknya lagi jika sebelum interview mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan.

3. Mengapa Tertarik untuk Bergabung dengan Perusahaan Ini?

Ketika HRD melontarkan pertanyaan ini, ada banyak orang ataupun pelamar melakukan kesalahan saat menjawabnya seperti, karena kenyamanan, fasilitas ataupun gaji tinggi. Padahal tujuan dari pertanyaan ini untuk mengetahui motivasi Anda saat melamar.

Oleh sebab itu, ketika Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang dituju, maka akan terasa lebih mudah saat menjawab pertanyaan tersebut. Usahakan memberikan nilai-nilai positif terhadap jawaban, seperti ingin berkontribusi lebih untuk perusahaan dan lain sebagainya.

4. Prestasi Apa yang Dimiliki?

Sangat wajar ketika HRD bertanya mengenai prestasi yang dimiliki oleh pelamar untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya, serta mendapatkan kandidat karyawan terbaik untuk perusahaannya. Oleh sebab itu, pencapaian-pencapaian sangatlah penting dan menjadi nilai tambah.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukanlah dengan santai jangan terburu-buru ataupun menunjukkan rasa gugup. Ceritakanlah prestasi maupun pencapaian Anda secara perlahan, karena inilah kesempatan untuk menunjukkan seberapa pekerja kerasnya Anda.

5. Bagaimana Rencana Anda Kedepannya?

Pertanyaan ini dilontarkan dengan memiliki maksud yaitu, untuk mengetahui seberapa progressnya pemikiran Anda serta berapa lama ingin bergabung bersama perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan tidak mendapatkan pekerja yang menjadikan pekerjaan ini sebagai batu loncatan saja.

Ketika mendapatkan pertanyaan seperti itu, jawablah dengan menguraikan segala tujuan yang bersifat skala panjang secara bijaksana serta menggunakan kata-kata positif. Namun, pastikan perusahaan ikut terlibat dalam cerita dan rencana kedepan.

6. Apa Pendapat Anda Tentang Lembur?

Pertanyaan satu ini memang sedikit membingungkan untuk memilih jawabannya. Namun yang harus Anda ketahui adalah, kalimat tanya tersebut bertujuan untuk mengetahui tentang seberapa berkomitmennya pelamar terhadap pekerjaannya.

Berikanlah jawaban yang sesuai, tidak kurang juga berlebihan. Karena secara jujur, lembur merupakan satu hal menyebalkan bagi banyak karyawan. Usahakan untuk berfokus pada jawaban yang membicarakan tentang komitmen dalam menyelesaikan pekerjaan.

7. Berapa Nominal Gaji yang Anda Inginkan?

Semua orang pasti tergiur ketika diminta berapa nominal gaji yang diinginkan, namun untuk menyikapi pertanyaan ini Anda harus berhati-hati dalam menjawab. Sebab hal ini bisa saja menjadi sebuah jebakan bagi pelamar.

Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu standar gaji yang berlaku pada perusahaan tersebut. Jangan lupa, perhitungkan pula faktor-faktor seperti tingkat kesulitan kerja serta pengalaman. Jelaskan mengenai ekspektasi Anda, namun tetap harus sesuai dengan standar perusahaan.

8. Apa yang Anda Lakukan Ketika Sedang Mendapatkan Tekanan dalam Bekerja?

Pertanyaan ini dilontarkan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa bertanggung jawab. Profesionalnya, Anda serta tingkat kesabaran calon pekerja dalam menyelesaikan tugas ketika sedang banyak ataupun menumpuk secara mendadak.

Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan sejujur mungkin, ceritakan bagaimana cara Anda ketika menghadapi hal tersebut. Usahakan tetap terlihat profesional serta memberikan sebuah solusi, bukan sebaliknya yang menunjukkan rasa menyerah atau lelah, karena itu akan menjadi nilai buruk.

9. Hobi Apa yang Anda Sukai?

Ketika Anda mendapatkan pertanyaan seperti itu, maka jangan menganggap bahwa hal tersebut merupakan basi-basi atau random question untuk memecah suasana. Namun untuk mengetahui, apakah pelamar cocok dengan budaya perusahaan.

Untuk menjawabnya, ceritakanlah secara santai mengenai hobi-hobi Anda secara detail serta jelaskan alasannya. Buatlah HRD ikut ke dalam obrolan tersebut agar lebih yakin terhadap apa yang sedang Anda bicarakan.

10. Apakah ada Pertanyaan?

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan di akhir interview sebelum berakhirnya proses wawancara. Ketika Anda dilontarkan pertanyaan seperti itu oleh HRD, maka sangat disarankan jangan sampai menjawab ataupun cukup, karena hal tersebut membuat nilai menjadi minus.

Jawablah pertanyaan tersebut dengan menanyakan seputar peraturan, budaya, hingga sistem perusahaan tersebut. Dengan aktif bertanya, maka Anda akan dianggap bersungguh-sungguh dan siap untuk bekerja diperusahaan tersebut.

Baca juga: Panduan Cara Memulai Bisnis Online Lengkap

Itulah tadi pembahasan mengenai pertanyaan-pertanyaan saat interview beserta hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin wawancara kerja. Terimakasih, semoga dapat menjadi referensi Anda dalam menghadapi situasi interview.

FAQ’s

Apa yang dimaksud dengan interview?

Interview atau sering disebut juga wawancara mempunyai definis suatu proses komunikasi interaksional antara. Untuk melengkapi dan menambahkan data yang telah ada, yang diambil dengan metode lain seperti survey, observasi, studi dokumen tersebut.

Langkah Langkah interview?

7 Cara Interview Kerja yang Baik:

Perhatikan Penampilan. Kenakan Pakaian yang Rapi dan Sopan.
Datang Lebih Awal.
Bersikap Sopan dan Tegas.
Jawab Setiap Pertanyaan dengan Singkat dan Jelas.
Ciptakan Suasana Nyaman.
Perlihatkan Antusias Kerja.
Ucapkan Terima Kasih.

Bagaimana cara agar lulus interview?

Mulus Lolos Wawancara Kerja dengan Tips Berikut Ini:

Persiapkan Diri.
Perlihatkan Poin Plus.
Manfaatkan Waktu Anda Semaksimal Mungkin.
Bawalah CV ke Setiap Wawancara Kerja.
Kenalilah Perusahaan Tempat Melamar.
Berpikir positif.
Gerak-gerik dan Bahasa Tubuh yang Sesuai.
Terus Berlatih dan Jangan Menyerah.

Berapa lama menunggu panggilan kerja setelah interview?

Rata-rata waktu yang dibutuhkan atau lama menunggu panggilan kerja setelah interview biasanya adalah seminggu sampai sebulan. Untuk menghindari ketidakpastian, tidak ada salahnya saat interview kamu menanyakan pada recruiter mengenai batas waktu pengumuman.

Apa itu interview HRD?

Interview HRD merupakan tahapan di mana pelamar berhadapan langsung dengan HRD. Menurut Geeksforgeeks, tujuan dari interview HRD adalah untuk menilai kepribadian, kelebihan, kekurangan, dan kemampuan untuk menjalani peran yang sedang dibuka.

Pos terkait