10 Strategi Bisnis Terbaik yang Menguntungkan

  • Whatsapp
Strategi Bisnis Terbaik
Strategi Bisnis Terbaik

Tutorial Bisnis Online, Apabila Anda sedang mencari informasi tentang strategi bisnis terbaik, maka tepat sekali berkunjung di artikel ini, karena dalam artikel ini admin akan berbagi dan mengulas 10 strategi bisnis terbaik yang menguntungkan. Tentunya, Anda bisa mempraktekkan strategi ini hingga berhasil.

Apa Arti dari Strategi Bisnis?

Sebelum Anda menjalankan strategi ini, Anda harus mengetahui dulu apa arti dari strategi bisnis itu? Yaitu, upaya bisnis dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis.

Bacaan Lainnya

Strategi bisnis secara umum mendefinisikan pendekatan, taktik, serta rencana strategis yang dapat Anda adopsi bagi bisnis Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan yang sudah ada agar bisnis Anda dapat mencapai tujuannya.

10 Strategi Bisnis Terbaik

Ditengah situasi ekonomi yang melambat karena efek dari pandemi virus corona, Anda harus pintar-pintar dalam menjalankan bisnis. Hal ini harus dilakukan agar bisnis Anda dapat bertahan selama krisis ekonomi melanda seluruh negara.

Pasalnya, hampir semua sektor ekonomi terdampak, dan bahkan banyak perusahaan yang sudah gulung tikar, baik itu perusahaan skala besar maupun skala kecil. Untuk itulah manfaat strategi bisnis agar bisnis yang Anda jalani dapat berkembang dan menguntungkan

Terbukti, dengan adanya strategi bisnis ini, bisnis/perusahaan mampu menentukan arah perusahaan dengan mengidentifikasinya dari segi pasar, pesaing, pelanggan dan lain sebagainya. Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal. Berikut ini adalah 10 strategi bisnis terbaik yang menguntungkan:

1. Pintar Memanfaatkan Teknologi

Strategi terpenting di era digital saat ini adalah mampu memanfaatkan teknologi. Pasalnya, pemanfaatan teknologi untuk bisnis dapat memotong biaya produksi yang dibutuhkan.

Contohnya jika sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknologi mesin hingga robot, makan otomatis biaya operasional karyawan juga dapat ditekan.

Terlebih jika bisnis digital, Anda dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada.

2. Kenali Target Pasar

Yang perlu Anda perhatikan sebelum menjual sebuah produk secara profesional, Anda harus menjadi konsumen terlebih dahulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut.

Dengan cara ini, tentu akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli dari bisnis Anda. Jadi langkah Anda dalam menjalankansuatu bisnis bisa berjalan sistematis/terkonsep.

3. Perhatikan Kualitas

Persaingan bisnis di era modern saat ini adalah, semakin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beragam. Namun, bisnis yang benar-benar memerhatikan kualitas dapat dibilang hanya sedikit. Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen.

Perhatikan kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari kualitas kemasan, kualitas rasa (jika menjual produk makanan), kualitas isi produk, kualitas bahan baku hingga kualitas layanan yang terbaik. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda selangkah lebih maju.

4. Kreativitas dan Inovasi

Salah satu faktor keberhasilan dalam menjalankan bisnis adalah kreativitas dan inovasi. Oleh karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumber inspirasi.

Ide kreatif dapat menjadi sumber inspirasi dalam menciptakan suatu inovasi produk tertentu sehingga akan memberikan peluang sukses yang lebih besar pada bisnis Anda. Selain itu, dengan kreativitas dan inovasi yang Anda tawarkan maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan mereka tidak merasa bosan.

5. Promosi Efektif

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Pasalnya, melakukan promosi sangatlah mudah, bahkan dapat dilakukan secara gratis.

Cara termudah Anda dapat memanfaatkan/menggunakan social media atau media online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk Anda.

Ingat, saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual. Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

Anda bisa mengambil contoh strategi harga dari IKEA, brand furniture asal Swedia ini mengikuti pendekatan penawaran harga yang rendah. IKEA berhasil mempertahankan margin keuntungannya yang termasuk rendah dibandingkan pesaingnya pada industri furnitur, dan menjual produk-produknya dalam volume besar sebagai gantinya.

Dengan harga produknya yang berada jauh di bawah pesaing, IKEA berhasil menjual lebih banyak produknya. Selain itu, dengan menjual bagian furnitur yang dirakit sendiri dalam volume besar, IKEA mampu menetapkan harga produknya dengan sangat agresif.

6. Strategi Konten

Strategi konten untuk pemasaran merupakan strategi bisnis efektif yang wajib dikembangkan apalagi pada era digital sekarang. Jika saat ini Anda telah menentukan model bisnis, tujuan jangka panjang, serta nilai-nilai untuk bisnis, dan Anda telah mengetahui arah dan tujuan bisnis Anda.

Tentunya, Anda akan memerlukan sarana untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan pada masyarakat, serta mengedukasi konsumen tentang fitur-fitur atau nilai-nilai yang bisnis Anda miliki.

Konten termasuk sarana tersebut, karena kontenlah yang dapat menggerakkan hati pelanggan dan menyampaikan nilai-nilai dari bisnis Anda. Ketika Anda telah merancang strategi bisnis yang jelas melalui konten, maka konten Anda akan bekerja dengan efisien untuk Anda.

Ini karena konten yang Anda kembangkan seharusnya lebih spesifik dan targeted sehingga dapat membawa pelanggan Anda dalam sebuah perjalanan bersama brand Anda hingga mereka akhirnya menjadi pelanggan.

7. Strategi Akuisisi

Salah satu strategi bisnis yang sangat umum adalah untuk perusahaan yang besar untuk mendapatkan posisi kuat di pasar yang sedang berkembang. UMKM yang memiliki modal yang cukup besar dapat menggunakan strategi bisnis akuisisi ini.

Perusahaan tersebut biasanya kemudian melakukan akuisisi perusahaan yang sedang berada pada pasar tersebut untuk mendapatkan posisi pada pasar tersebut.

Strategi bisnis akuisisi adalah usaha untuk membeli perusahaan/brand produksi tambahan dari produk yang telah ada. Keuntungan dari strategi ini adalah dengan modal yang besar, sebuah perusahaan dapat lebih leluasa dalam menilai potensi bisnis perusahaan yang akan diakuisisi yang sesuai dengan visi perusahaan yang melakukan akuisisi.

8. Manajemen Bisnis

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang Anda jalankan.

Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akuntansi secara tepat dan akurat. Selain itu mengandalkan teknologi dalam proses akuntansi juga salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan maksimal pada bisnis.

9. Diferensiasi Produk

Strategi diferensiasi produk juga termasuk salah satu strategi bisnis yang paling efektif, khususnya untuk UMKM. Dengan menggunakan strategi bisnis ini, Anda berarti menggali secara strategis faktor-faktor pembeda produk/layanan bisnis Anda dari kompetitor.

Menunjukkan ciri khas/branding dari para pesaing adalah salah satu persyaratan utama untuk kesuksesan bisnis. Jika para konsumen tidak dapat membedakan nilai plus dari bisnis Anda jika dibandingkan dengan kompetitor, Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan penjualan.

Nilai pembeda untuk strategi bisnis ini tidak harus selalu berarti mengeluarkan biaya lebih untuk mengkapitalisasikannya. Diferensiasi produk bisa dicapai dengan apa saja termasuk dari bagaimana Anda merencanakan business model Anda, membuat produk Anda, atau menerapkan pendekatan lain pada layanan Anda.

Semua hal tersebut tidak harus mengeluarkan biaya tambahan jika riset mendalam dilakukan secara cermat dan strategis. Misalnya, Anda dapat melakukan ini dengan menyorot teknologi unggulan dari produk, fitur, gaya, atau harga yang Anda tawarkan.

10. Berani Mengambil Resiko

Mengambil resiko dengan beberapa pendekatan baru patut dilakukan, bahkan untuk perusahaan kecil sekali pun. Keberanian mengambil resiko akan berbuah manis, terutama bila dibarengi dengan kerja keras.

Namun, resiko terbaik dan terburuk juga harus Anda perhitungkan dengan matang. Jangan hanya grusa grusu dalam mengambil resiko, tetapi Anda tidak siap menghadapi resikonya. Pengalaman dari teman atau komunitas juga bisa dijadikan acuan.

Simak juga videonya di bawah ini:

Baca juga: 7+ Cara Terbaik Untuk Memasarkan Bisnis Anda

Penutup

Dengan memahami dengan lebih dalam dan tepat dari strategi bisnis terbaik ini, Anda bisa lebih siap mempelajari strategi-strategi bisnis yang efektif untuk Anda kembangkan dan terapkan pada bisnis yang Anda jalankan. Semoga berhasil!

FAQ

Macam-macam strategi bisnis

1. Strategi pada awal usaha, strategi ini menyangkut tentang bagaimana cara anda dalam merancang serta memperkenalkan produk baru anda.
2. Strategi dalam Menangkap Peluang Pasar.
3. Strategi Inovasi.
4. Strategi Membidik Pasar.

Apa tujuan dalam strategi bisnis?

Strategi bisnis mengacu pada tindakan dan keputusan yang diambil perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya dan menjadi kompetitif di industrinya. Strategi ini membantu berbagai departemen bekerja sama, memastikan keputusan departemen mendukung arah keseluruhan perusahaan secara menyeluruh.

Pos terkait